≡ Menu

Panduan Dasar Marching Band dan Drum Band

Drum Band Papua

Salah satu Drum Band Lanny Jaya Papua

Panduan Dasar Marching Band dan Drum Band sangat penting bagi para pelatih. Dengan pemahaman dasar-dasar melatih yang benar dan menggunakan metode kepelatihan yang benar, seorang pelatih akan lebih mudah menyampaikan materi ke pemain. Ada 3 eleman penting sebuah unit marching band, yang pertama adalah faktor pelatih, kedua faktor pemain, dan ketiga faktor managemen. Oleh karena pelatih merupakan elemen penting, maka panduan dasar ini perlu diperhatikan. Berikut 3 tips dalam melatih marching band.

MATERI DASAR MARCHING BAND

Tips yang pertama, seorang pelatih harus menguasai materi dasar marching band, seperti dasar membaca not balok, materi dasar perkusi, materi dasar meniup trumpet, atau gerakan dasar bendera dll. Kuasai dengan baik materi-materi tersebut agar mudah dalam melatih. Ingat ya.. “terlihat mahir di depan pemain sangat penting bagi seorang pelatih marching band”

METODE KEPELATIHAN

Tips yang kedua adalah memilih metode kepelatihan. Ada beberapa metode atau cara yang biasa pelatih terapkan.

Yang pertama adalah “METODE PRAKTEK”. Metode Praktek adalah cara yang lebih mementingkan praktek tanpa sebelumnya dibekali dasar-dasar teorinya. Sebagai contoh, seorang pemain bisa memukul dan meniup tapi mereka tidak mengetahui cara membaca not balok atau not angka.

Yang kedua yaitu “METODE PROSES“. Metode Proses adalah kebalikan dari metode praktek yaitu memperkuat dasar-dasar teori terlebih dahulu kemudian praktek. Kami sebut metode proses karena metode ini memerlukan beberapa proses sebelum akhirnya pemain melakukan praktek. Metode ini dipercaya mampu membangun sistem kepelatihan yang bagus. Meski metode ini memerlukan waktu yang sedikit lebih lama namun metode ini mampu memberikan hasil yang maksimal.

EVALUASI

Tips yang terakhir adalah evaluasi secara menyeluruh (pemain dan pelatih). Untuk pemain, lihat lagi bagaimana perkembangannya, apakah pemain mampu menjalankan perintah pelatih dengan tepat? apakah pemain mampu memainkan materi drum band/marching band dengan benar?

Sedangkan dari segi pelatih, evaluasi lah bagaimana cara melatih kita. Apakah cara melatih kita sudah tepat? apakah pemain kesulitan dalam menerima materi pelatih? Apakah kita terburu-buru dalam menyampaikan materi?

Evaluasi bersama antar pelatih akan membuat kita mengerti apa kekurangan kita. Koreksi diri dan hilangkan ego merupakan hal penting untuk keutuhan tim.


 

Untuk menambah wawasan kita, perbanyak baca berbagai artikel-artikel tentang marching band atau kuasai lagi materi dasar marching band yang seharusnya pelatih harus lebih menguasai materi daripada pemainnya.

Demikian tips tentang panduan dasar marching band dan drum band, semoga dapat membantu meningkatkan kualitas kita dalam melatih marching band/drum band.

Salam Sukses