≡ Menu

5 Tips Jitu Melatih Musik Marching Band

Cara Melatih Drumband

Cara Melatih Marching Band atau Drum Band

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips cara melatih musik marching band atau sejenisnya. Perlu diketahui bahwa salah satu elemen inti daripada pertunjukkan marching band adalah musik. Faktor inilah yang harus dikuasai seorang pelatih dan pemain agar menjadi pertunjukan yang indah.

Berikut beberapa tips melatih musik marching band:

Pertama, ketika aransemen musik telah siap, sangat dianjurkan untuk mempelajari terlebih dahulu maksud dan tujuan daripada aransemen musik tersebut agar memudahkan dalam proses penyampaian ke pemain.

Kedua, sebelum menyampaikan materi musik, pastikan semua pemain telah menguasai teknik yang terlibat dalam sebuah materi musik. Ajarkan materi musik secara bertahap dari bagian-bagian kecil materi. Contohnya dari birama ke birama, frase ke frase, dan terakhir yaitu memainkan satu lagu secara full dengan cara di ulang-ulang. Dalam hal ini penting untuk di ketahui untuk sabar dalam melatih. Pastikan terlebih dahulu pemain benar-benar bisa bermain dengan bersih atau sesuai yang diinginkan pelatih, kemudian baru boleh lanjut ke tahap berikutnya.

Ketiga, libatkan asisten yang berasal dari pemain dalam menyampaikan materi. Hal ini penting dalam rangka mengembangkan bakat pemain, mempercepat akselerasi pencapaian materi, atau sebagai pengganti ketika pelatih sedang berhalangan hadir.

Keempat, buat suasana pemain rileks dalam menerima materi musik, membuat pemain sesekali tertawa (bukan bersantai-santai) merupakan selingan yang cocok dalam melatih.

Kelima, jangan lupa selalu review materi musik yang pemain kuasai di pertemuan berikutnya.

Sekian artikel tentang tips melatih musik marching band. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang Panduan Dasar Marching Band dan Drum Band.

Semoga sukses!