≡ Menu

Semangat! kali ini saya akan menjelaskan tahapan belajar perkusi. Ada 5 point yang harus diperhatikan bagi seseorang yang ingin belajar perkusi:

1. Minat dan Niat
2. Lenturkan dan kuatkan pergelangan tangan Anda
3. Pelajari 4 jenis pukulan dasar
4. Konsisten dalam berlatih
5. Tetap semangat!

Oke, mari kita bahas satu per satu.

Yang pertama adalah minat dan niat. Jika kita ingin belajar, modal utamanya adalah niat yang kuat. Tanpa ada niat yang kuat maka hasil tidak akan maksimal. Banyak kasus di unit marching band indonesia dimana seorang pelatih marching band memasukkan pemain ke divisi perkusi tanpa disertai minat dan niat dari pemainnya. Kesimpulannya adalah, minat dan niat adalah kunci sukses dalam belajar.

Berikutnya adalah lenturkan dan kuatkanlah pergelangan tangan anda. Kenapa harus lentur dan kuat? karena seorang pemain perkusi marching bakal membutuhkan gerakan otot yang cepat dan berat dalam bermain. Oke, perlu diketahui bahwa sebenarnya ada beberapa macam karakter tangan pemain; ada yang lentur, kuat, kaku dan lembek atau kombinasi diantaranya. Sebaiknya, pemain perkusi memiliki pergelangan tangan yang lentur dan kuat karena karakter tangan yang seperti itu memiliki potensi yang bagus untuk berkembang dibanding tangan yang lembek atau kaku. Namun, bukan berarti pemain yang memiliki tangan dengan karakter lembek dan kaku tidak bisa belajar perkusi. Di marching band semua menjadi mungkin! asal rajin latihan! he he he.

Berikutnya adalah mempelajari 4 teknik pukulan dasar perkusi: Full Stroke, Down Stroke, Tap Stroke, Up Stroke (FDTU). Full Stroke adalah pukulan penuh dimana stik berangkat dari atas dan kembali lagi ke atas (pantul). Down Stroke adalah pukulan dari atas dan berhenti dibawah (aksen). Tap Stroke adalah pukulan dari bawah dan berhenti dibawah (not kecil). Sedangkan Up Stroke adalah pukulan yang berasal dari bawah berhenti di atas.

Mengenai penjelasan teknis 4 pukulan dasar diatas saya akan jelaskan di postingan berikutnya agar bisa lebih detail.

Menginjak poin yang ke empat adalah konsisten berlatih. Yes! jika kamu ingin bagus maka rajinlah berlatih. Karena apa? jika kamu seminggu saja tidak latihan maka apa yang sudah didapat minggu lalu bisa saja menurun kualitasnya atau bahkan hilang atau lupa.

Penjelasan ilmiahnya begini bahwa sebenarnya otot tangan kita juga memiliki memori untuk mengingat pukulan yg telah kita pelajari. Sama halnya dengan otak, jika kita belum bisa menghapal dengan baik, maka bisa dipastikan kita akan lupa. Maka ketika pukulan yang kita pelajari belum mengakar di otot tangan kita, maka suatu saat pasti cepat lupa. Maka jangan heran kenapa pelatih sering mengulang materi yang sama hingga kita bosan. Tul gak?

Yang terkahir adalah tetap semangat. Ini sangat penting sekali untuk membantuk kualitas mental diri kita sebagai seorang pemain marching band. Semangat akan dibutuhkan ketika kita sedang mengalami masa-masa sulit, baik itu sulit secara teknik atau secara non teknis. Contohnya; ketika kita sedang mempelajari suatu teknik tertentu tetapi kok tidak bisa-bisa, terkadang hal itu membuat kita down, dan akhirnya putus asa ditengah jalan. Nah, disinilah jiwa semangat kita harus selalu kita pupuk agar kualitas mental sebagai pemain menjadi matang.

Salam Semangat !!!

{ 0 comments }

Ini sebenarnya artikel beberapa tahun yang lalu yang sempat menghilang tapi ketemu lagi di blog orang lain. Jadi kami posting lagi di sini. Semoga lolos copyscape. Artikel singkat ini mengulas tetang tips menentukan jumlah pemain perkusi di sebuah marching band atau drum band. Yuk disimak.

Penentuan jumlah komposisi pemain perkusi ada dua pertimbangan:

Pertama, penentuan jumlah Komposisi Pemain Perkusi Seksional

Komposisi Seksional yang terdiri dari snare drum, multi tom, bass drum dan cymbal disarankan memiliki jumlah yang tepat agar menghasilkan sound production yang balance.

Sebagai contoh: Jika kita memiliki 4 pemain snare drum, untuk menghasilkan suara yang berimbang, menurut perkiraan saya, kita bisa pakai 4-5 pemain bass drum berbagai ukuran. Untuk multi tom, kita bisa memakai 1-2 quarto/quint. Dan untuk cymbal, kita bisa memakai 2-4 pemain cymbal.

Kedua, penentuan jumlah Komposisi Pemain Perkusi Divisional

Yang saya maksud dengan Komposisi Divisional adalah, perbandingan antara jumlah pemain alat musik perkusi dengan jumlah pemain alat musik tiup. Oleh karena peran dasar sebuah perkusi adalah pendukung pemain utama (alat tiup), maka jumlah pemain perkusi disarankan tidak melebihi 30% dari total jumlah pemain alat tiup. Jika melebihi, ada kemungkinan suara alat tiup akan tertutup oleh suara perkusi. Tentu hal ini tidak kita harapkan dalam sebuah pagelaran.

Sebagai contoh: jika kita memiliki pemain alat tiup sekitar 40 pemain, maka perkiraan jumlah pemain perkusi adalah sekitar 15 orang.

Selain penentuan jumlah kedua komposisi diatas, untuk mendapatkan sound production yang berkualitas, tentu harus didukung dengan dinamika sebuah musik, yaitu kapan masing-masing alat bermain keras dan lembut. Selain itu, kualitas alat juga menjadi pertimbangan. Dengan alat yang berkualitas dan didukung tuning alat perkusi yang bagus, kita perpeluang besar dalam membuat suatu pagelaran yang maksimal.

Uraian di atas adalah komposisi standart untuk sebuah kondisi marhcing band atau drum band yang standart juga. Mungkin akan berbeda jika suatu band memiliki keterbatasan akan alat, pemain dan lain sebagianya. Selain itu pelatih marching band juga berperan penting dalam menentukan jumlah pemain.

Sekian artikel tentang tips menentukan jumlah pemain perkusi. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lain tentang 5 Tips Jitu Melatih Musik Marching Band atau Dasar Melatih Marching Band. Happy Marhcing!

{ 0 comments }

Kumpulan lagu ini sangat cocok untuk referensi pemain atau pelatih marching band. Dan cocok banget untuk referensi aransemen musik marching band/drumband.

Semoga kedepan bisa kami lengkapi lagi koleksinya agar lebih bermanfaat. Buat temen-temen yang punya Koleksi Lagu Marching Band Indonesia, Lagu Marching Band Daerah atau Kumpulan Lagu Drum Corps Internasional, atau Kumpulan Lagu Marching Band Terbaru, temen-temen silahkan sharing disini.

Jika temen-temen merasa link berikut bermanfaat, silahkan sharing ke temen2 Anda semua.

Silahkan menikmati.

Drum Corps International 2011

Drum Corps International 2013

  1. Blue Devils 2013.mp3 22.99 MB
  2. Blue Knights 2013.mp3 23.41 MB
  3. Blue Stars 2013.mp3 22.75 MB
  4. Bluecoats 2013.mp3 21.26 MB
  5. Boston Crusaders 2013.mp3 22.17 MB
  6. Carolina Crown 2013.mp3 24.98 MB
  7. Cascades 2013.mp3 20.86 MB
  8. Cavaliers 2013.mp3 22.56 MB
  9. Colts 2013.mp3 25.81 MB
  10. Crossmen 2013.mp3 24.34 MB
  11. Jersey Surf 2013.mp3 23.09 MB
  12. Madison Scouts 2013.mp3 24.89 MB
  13. Mandarins 2013.mp3 21.83 MB
  14. Oregon Crusaders 2013.mp3 25.09 MB
  15. Pacific Crest 2013.mp3 23.95 MB
  16. Phantom Regiment 2013.mp3 24.05 MB
  17. Pioneer 2013.mp3 19.97 MB
  18. Santa Clara Vanguard 2013.mp3 22.09 MB
  19. Spirit of Atlanta 2013.mp3 22.97 MB
  20. The Academy 2013.mp3 23.53 MB
  21. The Cadets 2013.mp3 25.79 MB
  22. Troopers 2013.mp3 24.87 MB

Drum Corps International 2014

  1. Bersambung
{ 0 comments }

Cara Tuning Bass Drum

Jika Anda mencari solusi yang lebih spesifik untuk menyetel bass Anda, metode ini telah terbukti berhasil dengan sangat baik. Sistem ini mengasumsikan drumline Anda memiliki 5 bass tapi jika Anda memiliki nomor yang berbeda Anda masih bisa menerapkan konsep yang sama.

  1. Tune bass bawah ke nada yang terdengar bagus dalam konteks pertunjukan
  2. Tune bass 4 seperlima di atas bass 5
  3. Tune bass 3 keempat di atas bass 4
  4. Tune bass 2 ke nada pertunjukan yang jelas lebih tinggi dari bass 3 (tidak spesifik interval)
  5. Tune bass 1 ke nada pertunjukan yang jelas lebih tinggi dari bass 2 (tidak spesifik interval)

Anda akan melihat bahwa dalam metode ini, bass 1 dan 2 terbuka untuk interpretasi berdasarkan tema acara atau pengaturan tempat Anda. Hal penting yang perlu diingat saat menyetel bass 1 dan bass 2 adalah adanya pemisahan yang jelas antara kedua drum tersebut. Hal ini penting karena jika kedua drum terlalu dekat di lapangan, perjalanan dan perpecahan di antara keduanya akan sangat sulit dilihat dari sudut pandang penonton.

Semoga ikhtisar ini sangat membantu dalam membimbing Anda ke suara bass yang Anda inginkan. Untuk informasi lebih lanjut tentang menyetel garis bass marching bass, pastikan untuk memeriksa pelajaran video ini tentang cara meredam drum marching bass dan bagaimana mengubah kepala bass marching bass. Sebagai Referensi silahkan download pdf berikut:

  1. Tips for batter marching percussion tunning
  2. Buecker, Glen. “Good Bass Drum Tuning Is Not an Impossible Task“. Yamaha.
{ 0 comments }

Halo kawan… lama sekali tidak posting artikel nih.. hehe maklum lagi sibuk melatih drum band SD Kuncup di Kendari haha. Ya bantu-bantu mereka (senior) yang sudah pada bisa melatih. Seneng rasanya melihat mereka sudah bisa melatih drum band baik SD sampai SMA dan punya pendapatan.

Wah, jadi lupakan mau bikin artikel apa! kali ini saya mau bagi-bagi partitur marching band (Percussion Battery). Sebenarnya banyak sekali partitur marching band perkusi atau drumline yang bertebaran di internet. Hanya memang kadang susah-susah gampang untuk mencarinya. Harus download berbayar lah, harus ikut grup dulu baru bisa download dan macam-macam. Agak-agak ribet lah. yaa.. namanya juga mau gratisan, yakan? hehe

Nah, daripada kalian pusing cari link download partitur marching band perkusi. Ini saya coba pilihkan beberapa koleksi partitur saya. Sebenarnya ada banyak, tidak hanya partitur perkusi saja. Tapi ada partitur lagu marching band, atau partitur lagu drum band, ada juga partitur brass atau alat tipu dan beberapa partitur teknik pit instrument.

Namun kali ini saya akan bagi saja partitur perkusi battery atau biasa di sebut dengan percussion drumline. Pokoknya, partitur marching band yang berhubungan dengan pukul memukul.

Langsung saja.. silahkan sedot ya gan 🙂

  • PARTITUR PEMANASAN ATAU RUDIMENT
  1. Drumline Packet COMPLETE PACKET.pdf
  2. Blue Devils 2007 Audition Packet Snare.pdf
  3. Bass Drum Exercises FreeDrum info.pdf
  4. Colts Battery Book 2015.pdf
  5. System Blue Camp.pdf
  • PARTITUR CADENCE, DRUMBREAK, LICKS
  1. Thirteen ’09.pdf
  2. Latin Lover ’09.pdf
  3. Double Beat 2004.pdf
  4. Cavaliers 2008 Drum Break.pdf (Samurai – “Ken-Jutsu – The Art of the Sword”)
  5. Blue Devils 2008 Ditty the Remix.pdf
  6. Blue Devils 2006 Greivous Groove.pdf

Yak.. sementara itu dulu yan.. nanti bakal di update secara berkala. Banyak banget soalnya. Sedikit-sedikit yang penting berkah. Semoga bermanfaat! Mohon untuk SHARE ke sosial media jika berkenan 🙂

Salam Marching

Artikel pendukung :

PERHATIAN: File PDF diatas dihimpun dari berbagai sumber di internet. Hanya berbagi ilmu, tidak bermaksud untuk melanggar hak cipta. Jika ada pihak yang merasa dirugikan, mohon hubungi kami.
{ 0 comments }

Berbicara tentang alat marching band lokal yang berkualitas, cukup banyak sekali di pasaran Indonesia. mulai dari kualitas biasa hingga kualitas Internasional. Ada yang sekedar home industri dan ada juga yang mempunyai pabrik besar. Mulai dari daerah Jawa Tengah hingga yang paling banyak adalah di kota Industri Drum Band atau marching band di Yogyakarta.

Dari sekian banyak pabrik drum band yang ada, berdasarkan survei dan pengalaman, kami telah memutuskan produk dari Julang Marching merupakan produk alat marching band yang paling bagus. Kenapa? berikut alasannya:

[click to continue…]

{ 0 comments }

Alat drum band berkualitas bedampak pada kualitas latihan dan hasil penampilan yang baik untuk unit Anda. Jika Anda sepakat, silahkan lanjut baca artikel berikut.

Sudah menjadi fakta bahwa alat yang bagus, suara nya pasti enak, mudah dituning, perawatannya mudah, pokoknya nyaman bila di pakai. Namun jika alat yang buruk, biasanya susah di tuning, suaranya tidak enak, atau sangat berat bila di pakai. Dengan kata lain: [click to continue…]

{ 1 comment }
Cara Melatih Drumband

Cara Melatih Marching Band atau Drum Band

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips cara melatih musik marching band atau sejenisnya. Perlu diketahui bahwa salah satu elemen inti daripada pertunjukkan marching band adalah musik. Faktor inilah yang harus dikuasai seorang pelatih dan pemain agar menjadi pertunjukan yang indah.

Berikut beberapa tips melatih musik marching band: [click to continue…]

{ 3 comments }
Drum Band Papua

Salah satu Drum Band Lanny Jaya Papua

Panduan Dasar Marching Band dan Drum Band sangat penting bagi para pelatih. Dengan pemahaman dasar-dasar melatih yang benar dan menggunakan metode kepelatihan yang benar, seorang pelatih akan lebih mudah menyampaikan materi ke pemain. Ada 3 eleman penting sebuah unit marching band, yang pertama adalah faktor pelatih, kedua faktor pemain, dan ketiga faktor managemen. Oleh karena pelatih merupakan elemen penting, maka panduan dasar ini perlu diperhatikan. Berikut 3 tips dalam melatih marching band. [click to continue…]

{ 1 comment }
Daftar Harga Drum Band

Daftar Harga Drum Band

Sebenarnya berapa harga alat drum band? jawabannya adalah tergantung dari kualitas peralatan tersebut. Di internet banyak sekali situs yang menjual alat drum band dengan harga yang murah sampai yang dengan yang mahal.

Hal yang perlu diketahui sebelum membeli peralatan drum band adalah melihat dari kebutuhan unit anda. Dalam sebuah unit drum band biasanya memiliki kekurangan peralatan yang berbeda-beda. Contohnya, ada sebuah unit yang sudah memiliki peralatan perkusi tapi belum memiliki alat tiup atau begitu juga sebaliknya, mempunyai alat tiup namun belum punya alat perkusi. Namun, jika unit drum band anda masih baru, tentu anda harus beli peralatan drum band lengkap.

Apa saja alat yang sekiranya harus di miliki dalam sebuah drum band? [click to continue…]

{ 1 comment }